Rabu, 17 Juni 2020

3 Cara Menentukan Pomade Yang Tepat Untuk Rambut

3 Cara Menentukan Pomade Yang Tepat Untuk Rambut
Macam pomade menjadi informasi yang penting untuk diperhatikan agar dapat mengaplikasikannya sesuai dengan rambut yang Anda miliki. Pomade merupakan salep untuk rambut yang biasanya banyak digunakan oleh kaum pria agar memudahkan dalam menata rambut.

Bukan hanya wanita, para pria juga tak ingin kalah dalam menata penampilannya sebaik dan serapi mungkin, salah satunya pada bagian rambut. Seiring berjalannya waktu, tren cara menata rambut pada kaum pria kerapkali berubah-ubah mengikuti perkembangan zaman.

Rambut klimis dengan hasil sisiran begitu rapi merupakan cara penataan rambut pada pria yang beberapa waktu lalu sempat banyak digandrungi. Tak heran, hal tersebut mengakibatkan banyak sekali para pria yang ingin menerapkan tren gaya rambut klimis berkat olesan pomade tersebut. Bagi Anda yang ingin tahu lebih dalam, berikut adalah informasi tentang pomade, 3 macam pomade yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

Kenali Pomade

Seperti dilansir dari Liputan6.com via Cool Men’s, pomade adalah salah satu produk kosmetik laki-laki yang memiliki kegunaan untuk membentuk model rambut dengan mudah. Kata pomade berasal dari bahasa Latin yaitu ponum yang memiliki arti apel. Pomade merupakan salep rambut yang berasal dari buah apel.

Namun bahan dasar pomade berganti menjadi minyak beruang pada abad 19, kemudian mulai diciptakan berbahan dasar minyak saat awal abad ke-20, pada era tersebut juga mulai banyak ditemukan perusahan pomade seperti Royal Crown Hair Dressing, Brylcream, dan Murray’s. Bahkan saat ini pun banyak sekali produk dari merk-merk tersebut yang dapat dijumpai dengan cukup mudah.

Awalnya, hanya kalangan bangsawan di abad ke 19 saja yang mengenakan pomade. Akan tetapi seiring dengan perkembangan zaman membuat penggunaan pomade yang kian meluas. Pomade berjaya pada dekade 1950, di mana saat itu gaya rambut yang tren adalah pompadous seperti yang digunakan oleh Elvis Presley dan James Dean. Namun tren ini sempat menurun di tahun 1960-an hingga pada akhirnya kini kembali banyak digunakan oleh masyarakat khususnya kaum pria.

Jenis Pomade Berbahan Dasar Minyak

Jenis pomade menggunakan minyak sebagai bahan dasar merupakan pomade yang sangat cocok digunakan bagi Anda ketika memiliki banyak aktivitas atau kegiatan di luar ruangan. Karena, pomade jenis ini akan berguna membuat tatanan rambut akan bertahan lama meski Anda mendapati kepala yang berkeringat bahkan basah lantaran terkena air hujan.

Akan tetapi, pomade jenis ini memiliki kekurangan yang dapat membuat rambut Anda menjadi susah untuk dibersihkan lantaran kandungan minyak begitu pekat. Sehingga saat membersihkannya, Anda harus memberikan shampoo secara berulang ketika sedang keramas. Bagi Anda yang memiliki rambut panjang dan tebal serta sulit diatur sangat disarankan untuk menggunakan pomade ini.

Jenis Pomade Berbahan Dasar Air

Selanjutnya tersedia pomade berbahan dasar air atau Water Based Pomade. Tak sama dengan pomade oil based, pomade berbahan dasar air ini tidak memiliki kekuatan yang tahan lama, namun teksturnya yang mampu membuat rambut terlihat lebih mengkilap menjadi keunggulan pomade jenis ini.

Selain itu, jenis pomade ini juga memiliki keunggulan lebih mudah untuk dibersihkan dengan melakukan keramas sebanyak satu kali saja. Namun jika Anda memiliki rambut tebal, panjang dan susah diatur sangat tidak disarankan mengenakan pomade ini, karena mengingat tingkat ketahanannya yang lebih minim dibandingkan dengan pomade oil based. Jenis pomade ini sangat cocok digunakan untuk menjalani aktivitas sehari-hari seperti nongkrong, kuliah dan lain sebagainya.

Jenis Pomade Berbahan Dasar Campuran Minyak dan Air

Ada pula jenis pomade mix based atau berbahan dasar dari campuran minyak dan juga air. Pomade jenis ini merupakan salah satu salep rambut yang memiliki tingkat ketahanan di atas pomade berbahan dasar air dan di bawah pomade berbahan dasar minyak.

Jika digunakan, pomade ini akan memunculkan tampilan yang tak terlalu berkilau pada rambut Anda, akan tetapi jenis pomade ini akan memberikan kesan yang tampak alami dibandingkan dengan jenis pomade yang lain. Penggunaan jenis pomade campuran minyak dan air ini sangat disarankan bagi Anda dengan aktivitas yang tak terlalu berat.

Efek Samping Penggunaan Gel Rambut Berlebihan

Penggunaan gel rambut atau salep rambut salah satunya pomade seolah menjadi hal yang wajib untuk menata rambut khususnya kaum pria. Namun, tetap perlu diperhatikan karena penggunaan yang terlalu sering dapat menimbulkan beberapa efek samping yang justru membuat rambut Anda tidak sehat.

Efek samping yang mungkin akan terjadi lantaran penggunaan gel rambut terlalu sering antara lain seperti rambut rontok, kering, berketombe dan bercabang. Tak hanya itu, penggunaan secara berlebihan juga mampu mengubah tekstur rambut hingga warna rambut yang Anda miliki.

Itu tadi merupakan informasi tentang 3 macam pomade. Semoga dapat membantu Anda agar mengetahui jenis mana yang cocok untuk digunakan pada rambut Anda. Dan jangan lupa agar selalu memperhatikan jumlah penggunaannya jangan sampai terlalu sering karena dapat menimbulkan efek samping. Selamat mencoba.