Jumat, 19 Juni 2020

5 Cara Obati Sakit Gigi Dengan Pengobatan Rumahan

Sakit gigi adalah kondisi yang menyakitkan dan sangat mengganggu kenyamanan, terutama malam hari. Karena, sakit gigi bisa membuat orang kesulitan tidur malam. Dalam kondisi ini, orang pasti akan buru-buru mencari cara untuk mengobati sakit gigi. Padahal ada banyak bahan alami atau pengobatan rumahan yang bisa meredakan sakit gigi, salah satunya berkumur air garam.

Tapi, gejala sakit gigi yang menetap lebih dari satu atau dua hari perlu bantuan dokter gigi. Sehingga dokter gigi akan memberikan pertolongan untuk meringankan gejala dan mencegah sakit gigi ke depannya.

Selain itu, Anda juga harus berkonsultasi kepada dokter sebelum menggunakan pengobatan rumahan ini untuk mengatasi sakit gigi. Terutama jika Anda sedang hamil, menyusui dan memiliki kondisi medis kronis. Dilansir oleh Healthline, berikut ini 5 pengobatan rumahan yang bisa membantu meringankan sakit gigi, seperti:

1. Kumur air garam

Banyak orang percaya bahwa kumur air garam bisa mengatasi sakit gigi. Karena, air garam adalah disinfektan alami yang membantu menghilangkan partikel makanan yang mungkin tersangkut di antara gigi. Kumur air garam juga membantu mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka di mulut. Caranya, campurkan 1/2 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat untuk kumur air garam.

2. Hidrogen peroksida

Kumur memakai hidrogen peroksida bisa membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan. Selain membunuh bakteri, hidrogen peroksida bisa mengurangi plak dan menyembuhkan pendarahan gusi. Pastikan Anda mencairkan hidrogen peroksida dengan benar. Caranya, campurkan 3 persen hidrogen peroksida dengan jumlah air yang sama sebagai obat kumur, jangan menelannya.

3. Kantong teh peppermint

Teh peppermint yang memiliki banyak manfaat kesehatan juga bisa mengatasi sakit gigi dan gusi sensitif. Caranya, tempelkan kantong teh peppermint yang sudah dingin atau masih hangat ke area gigi yang sakit.

4. Bawang putih

Selama ribuan tahun, bawang putih dikenal bisa mengatasi berbagai penyakit. Bahkan bawang putih bisa membunuh bakteri berbahaya yang menyebabkan plak gigi hingga bertindak sebagai pereda nyeri.

5. Es batu atau air dingin

Anda juga bisa mengompres bagian gigi atau gusi yang sakit menggunakan es batu atau kain yang direndam air dingin. Cara itu bisa membuat pembuluh darah di daerah yang sakit mengerut dan meredakan rasa sakit