Jumat, 19 Juni 2020

5 Trik Bermain Game Agar Tidak Lag Yang Patut Dicoba

Belajar dan bekerja dari rumah (work from home/WFH) imbas virus corona membuat aktivitas waktu luang juga semakin tinggi. Di sela-sela waktu luang itu, masyarakat mengisi waktu dengan bermain Game. kita membagikan beberapa tips agar pengguna bisa bermain Game di komputer dengan lancar tanpa mengalami lag.

1. Sesuaikan Pengaturan Game dengan Kapasitas Perangkat

Game spesifikasi tinggi membutuhkan perangkat dengan spesifikasi tinggi pula. Mengatur level detail grafis yang lebih rendah atau mengurangi resolusi dalam pengaturan Game dapat menjadi solusi. Aktifkan indikator frame per detik (FPS) jika didukung oleh pengaturan Game untuk mengawasi angka FPS.

Pengguna kemudian bisa menyesuaikan pengaturan sehingga bisa mendapatkan 30 hingga 60 FPS. Lebih tinggi FPS akan membuat gambar bergerak dengan lancar. FPS kurang dari 30 tidak ideal untuk permainan Game seperti Counter Strike, hingga PUBG, gambar akan sering tersendat. Untuk permainan Game online, FPS lebih dari 60 sangat dianjurkan.

2. Ubah Pengaturan Daya Baterai ke Performa

Pastikan pengguna bermain di laptop sembari mengisi daya baterai agar bisa mendorong performa laptop. Cara termudah untuk mengatur daya ke performa adalah dengan mengklik ikon baterai pada taskbar, kemudian geser atau pilih 'best performance'. Jangan mengubah daya ke 'Battery Saving', sebab performa laptop akan menurun untuk menghemat konsumsi baterai. Penurunan performa ini akan membuat Game mengalami lag.

3. Pastikan Koneksi Internet Lancar

Pastikan Internet memiliki kecepatan dan latensi yang stabil apabila pengguna bermain Game online. Pengguna bisa melakukan uji coba kecepatan dan latensi di speedtest.net atau dslreports.com. Pastikan kecepatan internet memadai dengan kecepatan 10Mb per detik dan penundaan latensi (ping) yang sangat kecil (alias ping). Pengguna disarankan menggunakan kabel optik untuk terhubung dengan modem agar bisa menurunkan ping hingga 5-50 ms yang ideal untuk bermain Game.

4. Tutup Semua Aplikasi Selain Game

Pengguna disarankan untuk menutup semua aplikasi kecuali Game. Hal ini dilakukan agar performa laptop bisa fokus ke Game dan tidak terbagi ke aplikasi-aplikasi lain. Pengguna bisa membuka Windows Task Manager untuk mengetahui seluruh proses yang berjalan di laptop. Pengguna bisa mengurutkan dan menutup aplikasi yang membutuhkan proses terbesar.

5. Matikan Pembaruan Otomatis Windows

Kinerja laptop saat bermain Game akan terganggu apabila Windows tiba-tiba melakukan pembaruan atau menginstal sesuatu. Oleh karena itu, pengguna dianjurkan untuk mengatur jadwal pembaruan saat pengguna sedang tidak bermain Game.

Bagi pengguna Windows 10, pengguna bisa membuka pembaruan Windows kemudian pilih 'Change Active Hours'. Hal ini dilakukan untuk mencegah Windows melakukan pembaruan ketika pengguna sedang bermain Game.