Jumat, 19 Juni 2020

5 Aplikasi Menarik Mengisi Kebosenan Dirumah di Musim Virus Corona

Work from home (WFH) atau bekerja dari rumah merupakan kebijakan usulan pemerintah untuk menekan angka penyebaran virus corona (Covid-19). Sejumlah perusahaan telah menerapkan kebijakan ini. Selagi menyelesaikan pekerjaan, ada beberapa aplikasi yang dapat menjadi teman Anda saat WFH. Misalnya, jika Anda penyuka drama Korea (drakor), Anda bisa mengunduh aplikasi khusus untuk menonton film jenis tersebut. Jadi, saat Anda sedang mengerjakan pekerjaan, Anda bisa sambil dihibur dengan serial drakor (drama korea) yang Anda sukai. Berikut beberapa aplikasi yang bisa jadi teman Anda saat WFH:

1. LINE Webtoon

Salah satu layanan pesan instan, Line, membuat layanan penerbitan digital yaitu LINE Webtoon yang tersedia di perangkat Android dan iOS secara gratis bagi para pembuat komik, baik amatir maupun profesional, untuk menampilkan karya terbaik mereka. Aplikasi ini dikembangkan oleh Naver Webtoon Corp dan telah diunduh lebih dari 50 juta pengguna dan mendapat rating 4.5.

Layanan serial webtoon dimutakhirkan per hari dan tersedia dalam berbagai pilihan bahasa, salah satunya bahasa Indonesia. Serial komik lokal pun tersedia di webtoon seperti Si Ocong, Si Udin, Tahilalats, dan Soekirman.

2. Viu

Viu adalah layanan video over-the-top (OTT) yang dikelola oleh PCCW Media, Hongkong. Layanan ini secara resmi hadir di Indonesia pada 26 Mei 2016. Sejumlah pengguna menganggap Viu sebagai sebuah wadah untuk menonton drama, variety show bahkan relaity show 'Korea' namun tidak hanya itu. Perusahaan pun menyajikan sejumlah serial televisi yang berasal dari Thailand, Singapura, Malaysia, Jepang hingga India. Jika belum berlangganan Viu, pengguna harus diganggu dengan iklan yang ada di layanan. Maka Viu menawarkan tiga paket berlangganan yaitu:

- Promo 1 Minggu Rp10 ribu
- 1 Bulan + 2 Minggu Rp30 ribu
- 2 Bulan + 1 Bulan Rp60 ribu

3. Netflix

Netflix telah hadir di Indonesia sejak Januari 2016. Layanan ini memungkinkan pengguna menonton tayangan kesukaan di mana pun, kapan pun, dan pengguna bisa mengakses konten melalui smartphone, smartTV, tablet, PC maupun laptop.

Mirip langganan televisi berbayar, pengguna dapat menentukan sendiri konten yang ingin dinikmati mulai dari serial TV dan film yang diproduksi sendiri oleh Netlfix serta bebas iklan. Perusahaan yang berkantor pusat di Las Vegas, Amerika Serikat ini menawarkan beberapa paket seperti:

- Paket Dasar Rp109 ribu
- Paket Standar Rp139 ribu
- Paket Premium Rp169 ribu

4. Google Play Books

Bagi Anda yang suka membaca buku, layanan Google Play Books bisa jadi alternatif, pengguna dapat membeli dan mengunduh buku elektronik dari Google Play yang menawarkan lebih dari 5 juta buku elektronik. Buku-buku yang ada di Google Play Books juga dapat dibaca secara daring. Buku-buku yang ditawarkan mulai dari buku klasik sampai romansa.

5. TED

Aplikasi TED merupakan tempat berbagi pengalaman, ide, dan gagasan mulai dari pengusaha hingga tokoh-tokoh dunia. Aplikasi ini dikembangkan oleh TED Conference LLC dan telah diunduh lebih dari 10 juta pengguna.

TED sendiri adalah kependekan dari Technology, Entertainment, Design. TED merupakan organisasi non profit yang sukses mengumpulkan para tokoh dunia yang inspiratif dimana mereka nantinya akan berpresentasi menyampaikan berbagai ide dengan berbagai bidang atau latar belakang.