4 Tips Agar Dapat Tidur Nyenyak Ketika Hidung Mampet - Tomerecords

Terbaru

Rabu, 11 November 2020

4 Tips Agar Dapat Tidur Nyenyak Ketika Hidung Mampet

Hidung yang mampet merupakan salah satu gangguan yang menyebalkan dan bisa kamu alami sehari-hari. Masalah ini kadang bisa semakin menyebalkan kamu alami terutama ketika ingin tidur.

Rasa kantuk yang menumpuk tidak bisa bersambut tidur nyenyak dan nyaman karena hidung yang menyumbat ini. Hal ini bakal membuat kamu kesulitan untuk bernapas. Dalam kondisi ini, kamu bakal terpaksa untuk bernapas melalui mulut. Sayangnya, hal ini bisa membuat bibir menjadi kering dan tenggorokan terasa tak nyaman.

Kondisi ini tentu saja tak nyaman dan membuatmu kesulitan untuk tidur nyenyak. Dilansir dari Refinery29, berikut sejumlah cara agar kamu bisa tidur secara nyenyak walau hidung dalam kondisi mampet:

Jangan Buang Ingus secara Keras

Walau buang ingus bisa jadi cara yang melegakan untuk mengatasi hidung mampat, namun sebaiknya jangan melakukan hal ini. Membuang ingus apalagi dengan keras-keras bisa menyebabkan cairan ingus termasuk bakteri, virus, serta mikroba lain masuk ke dalam sinus. Hal ini juga bisa melukai kulit di sekitar lubang hidung yang bisa membuat kamu terganggu.

Buat Kamar dalam Kondisi Lembap

Tidur di kamar yang kering bisa menyebabkan iritasi pada saluran hidung dan tenggorokan. Hal ini bisa membuat hidung menjadi terasa lebih penuh dan mampet dibanding sebelumnya. Memberi pelembap pada kamar bisa memberi kelembapan pada udara untuk mengatasi masalah ini.

Letakkan Kepala di Posisi Lebih Tinggi

Kondisi hidung mampet bisa terasa lebih menyebalkan ketika kamu tiduran. Untuk mengatasi masalah ini kamu bisa memosisikan kepala lebih tinggi dengan menambah bantal dalam posisi nyaman untuk membersihkan hidung dari ingus berlebih.

Minum Air Lebih Banyak

Minum air bisa membantu mengurangi masalah berupa hidung yang mampat ini. Walau hal ini tidak bisa langsung terasa, namun ketika asupan air di tubuhmu cukup banyak bisa membuatmu tetap terhidrasi dan mengurangi masalah sumbatan di hidung. Kamu juga bisa mengatasi masalah ini dengan menyiapkan botol atau segelas air di sebelah tempat tidurmu.

Sejumlah cara tersebut bisa dilakukan untuk mengatasi masalah hidung mampet yang kamu alami. Selamat mencoba!

Halaman