• Breaking News

    5 Cara Atasi Sakit Pinggang Atau Nyeri Punggung

    Sakit pinggang adalah istilah untuk nyeri punggung bagian bawah atau dalam dunia medis dikenal sebagai low back pain. Sakit pinggang sering dialami banyak orang, terutama mereka yang kebanyakan duduk dan mengangkat beban berat di pundak dan pinggulnya. Mengutip laman Healthline, ada berbagai penyebab yang membuat seseorang menderita sakit pinggang. Seperti tarikan otot yang kencang, iritasi saraf, dan kelainan tulang belakang. Begitu pun dengan pilihan obat sakit pinggang, harus disesuaikan dengan keluhan dan penyebab sakit pinggang yang dialami. Seperti beberapa cara berikut yang akan membantu.

    1. Istirahat cukup

    Istirahat artinya Anda harus mengurangi kerja aktivitas otot-otot pinggang. Cara istirahat bisa dilakukan dengan rebahan, berbaring telentang dengan bantal berada di bawah lutut menjaga posisi punggung dalam posisi netral. Tapi, jangan berbaring atau istirahat terlalu lama juga, ya, karena terlalu tidak aktif juga bisa menyebabkan otot-otot melemah.

    2. Terapi panas dan dingin

    Menurut National Institute of Neurological Disorders anda Stoke (NINDS), terapi kompres panas dan dingin secara bergantian bisa meningkatkan mobilitas dan mengurangi rasa sakit di pinggang. Tempelkan kantong es atau sekantong sayuran beku di area pinggang yang terasa nyeri. Kemudian ganti kompres dengan botol yang berisi air panas yang dibungkus handuk. Terapi bisa dilakukan selama 20 menit.

    3. Obat penghilang rasa sakit

    Ketika rasa sakit tak tertahankan, Anda juga bisa mengonsumsi obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas di pasaran. Obat-obatan ini seperti naproxen, ibuprofen, dan acetaminophen sangat efektif mengurangi rasa sakit. Namun obat ini hanya cenderung mengobati sakit pinggang karena masalah saraf. Jika sakit pinggang terus kambuh atau tak kunjung membaik, segeralah hubungi dokter untuk menemukan penyebabnya.

    4. Pergi ke dokter

    Saat istirahat, kompres, dan obat pereda nyeri yang dijual bebas tidak kunjung efektif, berarti saatnya Anda mengunjungi dokter. Biasanya dokter akan memberikan resep yang lebih kuat untuk meredakan nyeri. Dokter akan mengidentifikasi penyebab sakit pinggang Anda, dan meresepkan obat yang sesuai. Jika nyeri sudah sampai pada tonjolan, maka sangat sulit diatasi dengan obat oral atau oles. Sehingga ada obat yang bernama kortikosteroid dan obat bius yang bisa disuntikkan untuk mengurangi peradangan.

    5. Olahraga

    Saat sakit pinggang, mungkin kita bakal berpikir ulang untuk olahraga. Tapi aktivitas fisik ternyata bisa membuat tubuh lebih cepat pulih dan meringankan rasa nyeri di bagian pinggang. Olahraga ringan bisa dilakukan dengan memiringkan panggul untuk menguatkan otot-otot dan punggung yang menopang tulang belakang. Semakin kuat otot, maka semakin kecil kemungkinan Anda terkena penyakit pinggang.