• Breaking News

    7 Tips Sederhana Merawat Sepatu Agar Tetap Awet

    Sepatu merupakan salah satu piranti fashion yang sangat vital bagi seseorang. Baik untuk para kawula muda maupun kalangan lain, tidak ingin sepatunya kotor dan tidak terawat saat hendak dipakai. Sebagai piranti untuk penunjang penampilan, kebersihan sepatu perlu membutuhkan penanganan khusus. Sepatu memiliki banyak jenis, begitu juga cara merawatnya berbeda-beda. Untuk lebih mudahnya, berikut 5 cara mudah dan murah merawat sepatu anda agar tetap bersih awet:

    1. Bersihkan langsung saat ada noda
    Noda dan kotoran yang menempel di sepatu anda pasti akan membuat penampilan anda kurang percaya diri. Di samping mengganggu penampilan, noda pada sepatu juga dapat membuat sepatu kesayanganmu menjadi tidak awet.

    Noda yang semakin lama semakin menumpuk akan membuat sepatu terlihat kusam. Agar sepatumu tetap terjaga kebersihannya, berikut cara membersihkan sepatu secara simpel dan mudah dilakukan di rumah:
    • Bersihkan sisi luar sepatu dengan cara menepukkan kedua sol sepatu
    • Gunakan sikat gigi bekas yang memiliki ujung bulu yang lembut
    • Gunakan sabun/deterjen secukupnya untuk membantu menghilangkan noda yang ada pada sepatu
    • Gunakan lap dan air hangat untuk membersihkan sisa-sisa deterjen yang menempel
    • Hindari mencuci sepatu dengan merendam ke dalam air secara langsung
    2. Jangan dijemur dibawah sinar matahari langsung
    Setelah proses pencucian, tentunya akan meninggalkan sisa sisa air yang belum kering. Apabila air yang digunakan untuk mencuci sepatu tersebut tidak dikeringkan secara maksimal dikhawatirkan akan membuat sepatumu berjamur. Agar warna dan keawetan sepatumu tetap terjaga, jangan keringkan sepatumu di terik matahari langsung.

    Hal tersebut akan membuat sepatumu menjadi memudar dan tidak awet. Cara mudah yang dapat dilakukan untuk mengeringkan sepatu dengan cara angin-anginkan saja hingga kering. Tujuannya agar bahan dan warna dari sepatu tersebut tetap solid dan tidak berubah warna.

    3. Tidak dianjurkan menggunakan mesin cuci otomatis
    Beberapa orang menggunakan mesin cuci otomatis untuk membersihkan sepatu kesayangannya dengan alasan agar mudah dan cepat. Namun, cara tersebut sangat tidak dianjurkan karena pasti akan merusak bahan dan sol sepatu kamu. Apabila telah rusak, kemungkinan untuk diperbaiki akan sulit dan pastinya sepatu akan rusak secara permanen.

    Cara mudah untuk membersihkannya adalah cukup gunakan sikat halus dan deterjen secukupnya. Hal tersebut berguna untuk menghindari kemungkinan sepatu akan rusak bila terkena bagian dalam mesin cuci.

    4. Gunakan pelindung sepatu
    Cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk melindungi sepatu kesayanganmu berikutnya adalah menggunakan lilin. Lilin yang dioleskan keseluruhan di sepatu akan membuat sepatu menjadi tahan percikan air. Harganya yang murah dan mudah untuk mendapatkannya menjadi solusi atau cara yang mudah dilakukan untuk merawat sepatu di rumah.

    Lilin juga memberi keuntungan di saat musim hujan agar sepatu tidak terkena noda/cairan yang dapat mengganggu kebersihan sepatu kamu. Berikut cara mudah untuk memberikan perlindungan sepatu dengan menggunakan lilin:

    Bersihkan permukaan sepatu yang akan diolesi dengan lilin
    Siapkan lilin dan olesi keseluruhan bagian sepatu agar merata
    Gunakan pengering rambut untuk mengeringkan lilin yang menempel di sepatu, tujuannya agar lilin dapat memberikan perlindungan sepatu dari noda/cairan yang kotor

    5. Gunakan wewangian atau pengharum sepatu
    Untuk menjaga kebersihan sepatu agar maksimal, tentu tidak cukup hanya membersihkan bagian luarnya saja. Agar terhindar dari jamur dan bau tidak sedap, cara mudah untuk melindungi sepatu yaitu dengan cara menyemprotkan wewangian atau pengharum pada bagian luar dan dalam sepatu.

    Cara mudah untuk menjaga sepatumu agar tetap wangi dan tidak berjamur bisa menggunakan silica gel yang di taruh pada bagian dalam sepatu. Bahan ini sangat membantu agar terhindar dari jamur yang bisa menempel pada permukaan sepatu.

    6. Simpan Di Tempat Kering Dan Aman
    Setelah selesai dibersihkan, sepatu juga memerlukan penanganan khusus agar kebersihannya terjaga. Cara mudah untuk menjaga kebersihan sepatu apabila tidak digunakan yaitu simpan di tempat yang kering dan aman.

    Bila sepatu tidak digunakan, kemungkinan serangga atau hewan seperti tikus dapat berpotensi merusak sepatu kesayangan anda. Untuk itu hindari tempat-tempat yang berpotensi sebagai sarang serangga atau hewan yang bisa merusak sepatu anda.

    7. Bersihkan sepatu secara rutin
    Agar sepatu bisa awet dan terjaga kebersihannya, tentu ketelitian dan ketekunan untuk membersihkan sepatu sangat dianjurkan. Kebanyakan orang tidak begitu memperhatikan kebersihan sepatu dan kurang rutin untuk memberikan perlakuan khusus pada sepatunya. Usahakan untuk pembersihan sepatu minimal adalah 1 minggu sekali.

    Bila ada noda/kotoran berlebih, usahakan langsung dibersihkan agar tidak terjadi flek dan noda yang sulit dihilangkan dengan cara mudah yang telah dijelaskan sebelumnya. Bila tidak digunakan, simpan sepatu dengan menggunakan pembungkus atau kardus yang dapat menutupi dan melindungi sepatu dari noda yang kemungkinan bisa menempel secara tidak sengaja.